Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat

Kucing kampung adalah salah satu jenis kucing yang mudah sekali kita jumpai entah itu di jalanan ataupun di rumah kita, sebenarnya kucing ini adalah salah satu jenis kucing liar, dengan ciri bulunya yang pendek tidak seperti kucing ras seperti persia, mainecoon dan lain lainnya, Nah kali ini kucingsobo akan membahas cara merawat kucing kampung agar bulunya lebat.

Pertanyaannya adalah, apakah kucing kampung bisa kita rawat agar bisa mempunyai bulu yang tebal seperti itu? Tentu saja bisa. Dengan beberapa cara merawat kucing kampung agar bulunya lebat berikut ini kalian bisa membuat kucing kampungmu menjadi seperti kucing ras berbulu halus, lembut serta lebat.

Tahap Perawatan Bulu Kucing Kampung


1. Mandikan Kucing Kampung Secara Teratur
Sebenarnya tanpa dimandikan pun kucing bisa melakukan self-grooming sendiri, akan tetapi itu tidak cukup agar bulunya terlihat bagus, kalian harus secara teratur memandikannya agar mendapatkan bulu yang bagus.

Memandikan secara teratur bisa menghilangkan kotoran pada tubuh si kucing. Kotoran itu jika tidak dibersihkan bisa berubah menjadi jamur yang bisa menyebabkan bulu rontok sehingga akan mengurangi keindahan bulu kucing.

Cobalah membuat jadwal memandikan kucing kalian seminggu sekali. Dan untuk merangsang kelebatan bulu kucing, kalian bisa memakai shampo khusus kucing sehingga nantinya kalian mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Sisir Bulu Kucing Kampung dengan Benar
Menyisir bulu kucing sangatlah berguna agar bulu bulu yang sudah mati bisa hilang dan tidak tertelan kucing ketika menjilatnya. selain itu juga agar tidak menjadi hairball yang pastinya membuat bulu menjadi jelek.

Lakukanlah penyisiran bulu kucing minimal seminggu sekali, karena penyisiran juga dapat meratakan minyak yang diproduksi tubuh kucing menjadi merata ke seluruh bulu sehingga menjadi akan tampak mengkilat.

Baca juga : Cara Mudah Agar Kucing Gemuk dan Bebas Mencret

Tahap Penggemukkan Tubuh Kucing Kampung


Cara merawat kucing kampung agar Bulunya lebat selanjtnya adalah dengan memberikan kucing makanan yang mengandung protein dan lemak untuk menutrisi bulu kucing. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah jangan memberinya ikan asin karena akan membuat bulu kucing rontok.

Makanan dan minuman yang dianjurkan untuk diberikan kepada kucing kampung

Nasi
Berikan nasi kepada kucing dengan mencampurkan lauk seperti ikan kedalamnya. Kandungan glukosa bisa menyebabkan kucing menjadi obesitas jika terlalu banyak diberikan. jadi sedikit saja memberikannya.

Daging
Berikan makanan berupa daging yang sudah diolah (direbus/ digoreng) agar higienis karena vitamin E yang terkandung dalam ikan sangat baik untuk kucing.

Tempe
Tempe bisa meredakan mencret pada kucing, untuk memberikannya kalian sebaiknya merebusnya terlebih dahulu.

Makanan khusus kucing
Berikan makanan khusus kucing yang bervariasi agar kucing tidak bosan makan.

Air putih
Air putih harus selalu siap sedia, jangan lupa sering ganti dengan yang jernih

Susu
Susu sangat baik untuk kucing tapi jangan memberikan susu sapi kepada kucing karena protein dalam susu sapi tidak dapat dicerna dengan baik oleh kucing. Tanyakan pada dokter hewan rekomendasi susu apa yang baik untuk si kucing.

Kuning telur
Untuk memperindah bulu kucing dan menghaluskannya, berikan kuning telur ayam kepada kucing. Berikan maksimal 3 kali dalam seminggu. Tapi jangan sertakan putih telurnya karena bisa membuang senyawa penting dalam tubuh kucing (vitamin B Biotin).

Vitamin E
Vitamin E ini berguna untuk melindungi dari bahaya paparan sinar ultraviolet yang dapat mengeringkan kulit dan bulu kucing dan juga dapat menjaga kelembaban kulit kucing.

Minyak ikan
Minyak ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat menjaga kesehatan kulit, melebatkan bulu dan mencegah bulu kucing dari kerontokan.

Selain itu kalian harus menjaga agar kucing tidak stres, karena Kucing yang mengalami stres akan mengalami kerontokan pada bulunya.

Demikian bagaimana Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat, halus dan lebat. Sekian terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel