Berapa Kali Kucing Dimandikan Dalam Seminggu

Berapa Kali Kucing Dimandikan Dalam Seminggu
Memandikan kucing sudah merupakan suatu kewajiban bagi kita sebagai para pecinta kucing sejati, bahkan hal ini sudah menjadi rutinitas dan bentuk kasih sayang kita kepada hewan yang lucu berbulu itu, lalu timbul pertanyaan tentang idealnya berapa kali kucing dimandikan dalam seminggu?

Sebenarnya tanpa dimandikan pun kucing bisa membersihkan tubuhnya sendiri atau bisa disebut self grooming, tetapi agar jauh lebih maksimal dan bisa membuat bulunya bagus, sehat, indah dan tebal kita harus memandikannya, terlebih lagi jika kucing kita adalah kucing ras seperti persia, british shorthair, mainecoon dll. yang mereka mempunyai bulu yang lebat, panjang & tebal, pasti memerlukan ekstra perawatan, apalagi ketika datang musim panas kemungkinan akan munculnya jamur dan serangan kutu.

Berapa Kali Idealnya Kucing Dimandikan dalam seminggu?


Ada beberapa pecinta kucing yang suka dan hobi memandikan kucingnya bahkan sering sekali, itu semua tidak ada salahnya, apalagi untuk jenis kucing dengan banyak bulu dianjurkan minimal dimandikan sebulan sekali atau mungkin 2 minggu atau seminggu sekali tergantung kondisi bulunya karena kucing dengan bulu lebat seringkali lusuh dan kotor, dengan memandikannya maka bulu bulunya akan menjadi halus dan wangi.

Baca juga : 10 Cara Merawat Kucing Untuk Pemula

Nah bagi kalian yang belum berpengalaman memandikan kucingnya sendiri, kegiatan memandikan kucing ini tidak bisa dianggap hal yang mudah. Karena kurang terampilnya kalian dalam memandikan si kucing akan membuat mereka menjadi stress dan akibatnya sulit untuk diajak mandi lagi.

Akibat Kucing Jarang dimandikan
Akibat jarang dimandikan, kucing akan rawan terkena berbagai penyakit seperti jamuran, kutu, bulu bulu yang rontok dan banyak penyakit lainnya. Terlebih lagi jika kucing kalian adalah kucing dengan bulu yang lebat dan tebal, maka potensi terkena serangan penyakit dan jamur lebih besar.

Jika kalian dirumah tidak punya waktu memandikan kucing, entah karena kesibukanmu atau yang lain, kalian bisa menggunakan jasa grooming di daerahmu untuk memandikan kucing kucingmu. Jasa ini sudah banyak tersedia dan biasanya jasa grooming sudah sepaket dengan memotong kuku dan merapikan bulu bulunya setelah mandi.

Bolehkah Memandikan Anak Kucing Yang Masih Kecil?
Sebaiknya untuk kucing yang masih kecil tidak perlu dimandikan, mengingat  daya tahan tubuhnya yang masih lemah. Tetapi kalian bisa membersihkan kucing yang masih kecil dengan memakai lap yang sudah dibasahi air hangat, ini seperti ketika si induk membersihkan tubuh anak kucing dengan menjilatinya.

Baca Juga : Cara Membersihkan Telinga Kucing yang Kotor

Demikianlah informasi tentang Berapa Kali Kucing Dimandikan Dalam Seminggu semoga bisa bermanfaat, salam catlovers.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel