Pertolongan Pertama Pada Kucing (P3K) yang Terkena ABSES

Pertolongan Pertama Pada Kucing (P3K) - ABSESHalo sobat kucing sobo dimanapun berada, kali ini kami akan membahas bagaimana cara memberi Pertolongan Pertama Pada Kucing (P3K) yang Terkena ABSES, mungkin dari kalian masih ada yang belum mengetahui apa itu abses terutama abses pada kucing, karena penyakit ini wajib anda ketahui jikalau nanti mungkin terjadi pada kucing kalian, semoga saja tidak ya.

Apa itu abses, abses adalah suatu kondisi dimana terjadi penimbunan nanah didalam suatu jaringan, ini biasa terjadi pada kucing yang sering berkelahi atau mungkin yang setelah kawin pada musim birahi, abses ini timbul akibat luka cakaran ataupun gigitan yang menimbulkan infeksi. abses bisa terjadi dibawah jaringan tepi atau dibawah kulit, abses yang seperti ini mudah untuk dikenali, berbeda dengan abses yang timbul didalam organ akan sangat sulit dikenali.

Abses sering ditandai dengan rasa sakit, bengkak kemerahan, panas dan keras, tetapi abses yang sudah lama biasanya berasa empuk dan tidak sakit, jika anda raba sambil ditekan sedikit akan keluar nanah berwarna kuning kehijauan, biasanya juga bulu disekitar terjadinya abses akan rontok, apalagi jika terjadi di area kaki, kucing akan berjalan dengan pincang.

Untuk pertolongan pertama (P3K) hal yang harus anda lakukan adalah mencukur bulu sekitar terjadinya abses, mungkin sekitar 3-5 cm dari luka, selanjutnya adalah mengompres area itu dengan air hangat, ini juga bertujuan "mematangkan" abses tersebut. Jika abses sudah terbuka dan keluar nanahnya dan pecah segera bersihkan sampai tuntas, tapi jika belum pecah, anda bisa menyayatnya sedikit demi sedkit dengan pisau cukur atau silet yang sudah disterilkan, kemudian luka segera dibersihkan dengan antiseptik seperti Rivanol, betadin, skin lotion 1% atau bisa juga dengan cairan infus NaCl (beli diapotik biasanya ada), selanjutnya oleskan krim atau salep antibiotik.

Baca juga : Penyebab Kucing Cacingan Dan Cara Mengobatinya

Jika anda telah melakukan cara tersebut diatas tetapi abses tidak menunjukkan perkembangan atau bahkan lukanya menjadi lebar dengan tepian luka mejadi tidak beraturan, atau luka mengalami penimbunan nanah lagi, kembali bengkak, maka hal yang anda lakukan adalah segera lakukan konsultasi ke dokter hewan, mungkin luka abses memerlukan pembedahan dan juga jahitan, ini penting agar sikucing tidak terkena infeksi yang lebih parah lagi.

Demikian penjelasan kucing sobo tentang bagaimana memberi Pertolongan Pertama Pada Kucing (P3K) yang Terkena ABSES, oh iya, jangan lupa selalu sediakan obat obatan P3K dirumah dan juga nomer telepon dokter hewan, siapa tahu mendadak dibutuhkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel