Cara Agar Kucing Betah Di Rumah Baru

Cara Agar Kucing Betah Di Rumah Baru
Kucing adalah hewan yang cocok dipelihara di rumah, mereka sangat betah tinggal di rumah lamanya, Namun, apabila kita hendak memindahkannya ke lingkungan baru, kemungkinan mereka tidak betah dan selalu ingin pulang ke rumah lamanya, hal ini disebabkan karena kucing memiliki sifat yang sensitif terhadap lingkungan barunya. Nah, Pada artikel kali ini, kita akan bahas mengenai beberapa tips cara agar kucing betah di rumah baru.

Tips Bagaimana Cara Agar Kucing Betah Di Rumah Barunya


1. Kenalilah karakteristik kucing
Karakter yang dimiliki setiap kucing itu unik dan berbeda, mereka ada yang mempunyai karakter pemberani, penakut bahkan pemalu. Tetapi kalau kucing kita berasal dari kucing liar kita harus berusaha menjinakkannya terlebih dahulu.

2. Kenalilah bahasa tubuh kucing
Kucing mempunyai bahasa tubuh dan emosi, hal itu bisa dilihat dari gerak gerik tubuhnya, Tentu hal ini sangat berguna dalam menjalin ikatan kita dengan mereka. karena dengan bahasa tubuhnya itu kita bisa merasakan apa yang sebenarnya mereka mau.

3. Biarkan Kucing Menjelajah Lingkungannya
Kucing sangat senang menjelajah lingkungan dan area di sekitarnya, oleh karena itu seharusnya kalian tidak perlu mengekangnya untuk mengeksplor daerah daerah disekitar rumahmu apalagi dengan seharian memasukkannya ke dalam kandang, akan tetapi pada masa awal awal pindah di rumah barunya, kalian harus selalu mengawasinya agar mereka tidak hilang dan tersesat.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat

4. Kenalilah Kebiasaan Kucing
Mengenali kebiasaan kucing bisa kalian lakukan dengan mengamati dan berkomunikasi dengan kucing peliharaan kalian. Dari seringnya kita berkomunikasi dengan mereka, maka kita akan dapat mengetahui apa saja kebiasaan mereka, baik itu kebiasaan buruk ataupun kebiasaan yang baik.

5. Memberi Makan yang teratur
Salah satu sebab kucing tidak betah tinggal di rumah baru adalah ketersediaan makanan. Kucing akan meninggalkan rumah kita kalau kita sering tidak menyediakan makanan tepat waktu untuk mereka. Hal ini menyebabkan mereka mencari makanan di rumah rumah tetangga ataupun di tempat sampah.

6. Biarkan Kucing Berkeliling Rumah
Cara lain agar kucing betah di rumah baru yaitu dengan membiarkannya mengenali lingkungan sekitar, dengan berkeliling di area sekitar rumah, lama kelamaan mereka akan tahu bahwa itu adalah tempat barunya.

7. Menyediakan Litter Box
Selalu sediakan litter box untuk pip dan pup di rumah baru si kucing, pastikan litter box tersebut kalian tempatkan di tempat yang jarang dilalui manusia, karena kucing juga mempunyai privasi.

Baca juga : Cara Mudah Agar Kucing Gemuk dan Bebas Mencret

8. Menyediakan ruang vertikal untuk bermain
Kucing suka bermain dan memanjat, untuk itu sediakanlah ruang untuknya bermain entah itu berupa cat tree atau sesuatu yang bisa dipanjatnya.

9. Menyediakan Tempat untuk Bersembunyi
Kadangkala kucing merasa takut dan terancam, entah itu dari gangguan manusia ataupun sesama kucing, untuk itu sediakan untuknya tempat untuk bersembunyi.

Demikianlah beberapa tips dan cara agar kucing betah di rumah baru, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel