Cara Sederhana Membersihkan Gigi Kucing

Cara Sederhana Membersihkan Gigi Kucing
Sangat berbeda dengan manusia, secara umum kucing memang tidak bisa membersihkan giginya dengan menyikat giginya sendiri. Namun insting yang di miliki kucing liar biasanya mereka merawat giginya dengan mengunyah tulang dan rumput yang berada di jalanan. Oleh sebab itu, kamu harus rutin untuk membersihkan gigi kucing kamu yang apabila kucing tersebut adalah kucing rumahan (peliharaan).

Pembersihan pada gigi kucing pada dasarnya sangat penting di lakukan untuk kucing rumahan. Demi menjaga kesehatan dan kebersihan gigi kucing tersebut maka hal tersebut harus di lakukan. Namun apabila kamu tidak membersihkan gigi kucing secara rutin, jarang atau tidak pernah sama sekali, maka biasanya akan mengakibatkan adanya gusi yang bermasalah, terbentuknya karang gigi, bau mulut yang menyengat, penumpukan plak yang berlebihan, dan serta mengakibatkan perubahan warna dan abses pada gigi.

Apa bila kucing kamu memiliki masalah pada kesehatan giginya, seperti mengakibatkan kucing tidak ingin makan karena tidak bisa mengunyah makanan. Sebaiknya kamu langsung beri tindakan untuk membersihkan gigi kucing tersebut dengan cara menyikat giginya secara rutin dengan pasta gigi yang berkualitas khusus untuk kucing.
Berikut ini merupakan cara membersihkan gigi kucing dengan menyikat giginya secara baik dan tepat!

Membersihkan gigi kucing dengan benar dan tepat?


1. Sediakan alat dan bahan
Pertama tama sediakan alat dan bahan untuk membersihkan atau menyikat gigi kucing kamu terlebih dahulu. Seperti pasta gigi yang tidak memiliki rasa pedas atau rasa mint yang berlebihan. Saran saya sebaiknya gunakan pasta gigi yang memiliki rasa makanan di pastanya agar kucing mau untuk melakukan kegiatan ini. Untuk sikat gigi sebaik gunakan sikat khusus untuk gigi kucing yang di jual di petshop atau bisa juga dengan menggunakan sikat gigi anak anak pada manusia.

2. Pegang kuat kepala kucing dengan telapak tangan
Jika kamu sudah menyiapkan berbagai peralatan yang di butuhkan untuk membersihkan gigi kucing kamu. hal yang pertama kamu lakukan adalah Pegang kepala kucing kamu dengan telapak tangan, lalu genggam kuat kuat tapi jangan terlalu kasar. Setelah itu buka mulutnya sambil menekan kedua ujung sudut mulut dengan jari jempol dan jari tengah kamu. untuk tangan kamu yang lain bisa di gunakan sebagai alat membuka rahang depan dan bawah.

3. Gunakan pasta gigi
Setelah rahang bagian mulut kucing kamu terbuka, dan kucing tersebut merasa nyaman. Sebaiknya langsung kamu oleskan pasta gigi tersebut ke semua bagian permukaan gigi. Lalu sambil dengan memijat mijat bagian tersebut dengan jari kamu secara lembut. Sebaiknya kamu gunakan pasta gigi yang memiliki rasa daging pada pastanya. Biasanya setiap kucing akan menyukai pasta gigi tipe ini.

4. Gunakan sikat gigi
Ketika semua permukaan gigi sudah di oleskan dengan pasta gigi tersebut. Selanjutnya sikat gigi kucing kamu dengan menggunakan “sikat gigi khusus kucing” dan gunakan cara gerakan horisontal/ vertical untuk pembersihan pada setiap giginya. Biasanya dalam menyikat gigi kucing dapat di lakukan selama beberapa detik (kurang lebih 30 detik) hingga gigi kucing tersebut bersih mengkilap.

Sikat gigi kucing umumnya memiliki bentuk bermacam macam, di antaranya ada sikat gigi yang di tempelkan pada ujung jari manusia dan juga ada sikat gigi yang terdiri dari sikat gigi anak kecil pada manusia. (kamu bisa menyikat gigi tersebut di bagian luar, dalam dan juga atas).

5. Berikan reward (hadiah) untuk kucing kesayangan kamu
Setelah kamu menyikat gigi kucing kesayangan kamu, maka baiknya kamu berikan pujian terhadap kucing tersebut dengan cara memperlakukan lembut dengan mengelus ngelusnya atau bisa juga dengan memberi makanan favoritenya. Maksud tujuan melakukah hal ini adalah agar kucing kesayangan kamu tidak mengalami stress setelah melakukan kegiatan tersebut.

Sebaiknya dalam membersihkan atau menyikat gigi kucing harus di lakukan secara rutin kepada kucing yang masih anak anak (kitten). Sehingga jika kucing tersebut telah dewasa maka mereka akan terbiasa dan nyaman untuk melakukan kegiatan ini.

Secara umum kucing yang giginya pernah di sikat oleh pemiliknya, biasanya kucing tersebut akan merasa tidak nyaman dan menolak ketika ingin di bersihkan giginya. Maka untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya untuk kucing yang baru di kenalkan kegiatan ini, bisa di lakukan dengan perlahan lahan dengan kelembuta dan serta kesabaran. Biasanya kucing akan merasa nyaman setelah melakukan kegiatan ini secara rutinitas dan bertahap.

Oke semoga artikel tentang bagaimana Cara Sederhana Membersihkan Gigi Kucing dapat bermanfaat untuk anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel