13 Cara Memelihara Kucing Kampung Agar Gemuk

Kucing merupakan hewan yang banyak disukai oleh manusia, baik dari anak kecil, orang dewasa hingga orang tua. Beberapa kucing seperti kucing ras memiliki harga yang mahal dan memerlukan perawatan yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu sebagian penyayang kucing lebih memilih untuk memelihara kucing kampung daripada kucing ras, selain karena hemat dalam hal perawatan juga kucing kampung memiliki ketahanan tubuh yang kuat.

kucing Kampung Gemuk

Dengan perawatan yang baik, kucing kampung juga bisa menjadi primadona dan mampu bersaing dengan kucing ras yang mahal mahal itu, dengan perawatan yang sungguh sungguh, ia mampu memiliki badan yang sehat, aktif, gemuk dan enak dipandang. Lalu bagaimanakah caranya? mari kita simak bagaimana cara memelihara kucing kampung agar gemuk berikut ini.

1. Lingkungan yang Bersih

Menempatkan kucing kampung di lingkungan yang bersih sangatlah penting, karena itu akan berpengaruh dengan kesehatannya. jika pemilik membiarkan lingkungan kotor maka kucing akan menjadi stres dan mudah tertular penyakit.

2. Cegah Cacingan

Cacingan adalah salah satu penyakit yang menjadi penghambat kucing kampung menjadi gemuk walaupun si kucing selalu diberi makanan yang bergizi akan tetapi badannya tetap saja kurus, hal itu disebabkan karena didalam tubuhnya terdapat cacing, maka dari itu si pemilik harus selalu menjaga kebersihan lingkungannya. Jika terindikasi penyakit tersebut, segeralah obati dengan obat cacing.

3. Beri Daging

Kucing kampung cenderung lebih mudah menerima segala jenis makanan yang diberikan si pemiliknya, akan tetapi perlu diingat bahwa ia  adalah hewan karnivora sejati yang tetap memerlukan daging untuk energi dan pertumbuhannya, oleh karena itu secara berkala berikan ia daging yang sehat, seperti ikan dan daging ayam yang dikukus.

4. Hindari Daging Mentah

Pemberian daging mentah atau setengah matang kepada kucing sangatlah beresiko, karena hal itu bisa membuatnya terkena penyakit seperti Toxo yang nantinya bisa mengurangi berat badannya secara drastis. Sebaiknya kalian berikan daging dan ikan yang sudah matang saja. Supaya makanannya sehat dan terhindar dari bakteri jahat sebaiknya cara pengolahannya dengan dikukus.

5. Perhatikan Kondisi Kesehatan

Salah satu upaya dalam memelihara kucing kampung agar gemuk ialah dengan selalu memperhatikan kondisi kesehatan tubuhnya yaitu dengan mengamati secara rutin baik itu nafsu makannya, kotorannya dan perilaku tubuhnya. Dengan itu kalian bisa memastikan apakah kucing kampung kalian itu sedang sehat atau sedang sakit.

6. Jangan Terlalu Banyak Memberikan Nasi

Dalam pemeliharaan Kucing kampung pada umumnya, si pemilik biasanya memberinya makan berupa nasi yang diaduk dengan ikan pindang dengan komposisi nasi yang banyak dan ikan yang sedikit, hal tersebut dengan harapan si kucing akan merasa kenyang lebih lama. Sebenarnya hal itu tidak baik untuk kesehatannya, karena bisa membuat si kucing kelebihan gula. Kalaupun kalian memberikan nasi, berikanlah dengan porsi yang sesuai. misal 1 ikan dengan seperempat piring nasi.

7. Mandikan Seminggu Sekali

Agar tubuh kucing kampung fit dan terasa segar, sebaiknya kalian memandikannya seminggu sekali. Gunakanlah shampo khusus kucing yang bisa dibeli di petshop petshop terdekat dan gunakanlah kanebo sebagai handuknya. sebaiknya kalian mandikan pada siang hari di saat cuaca sedang panas, hindari memandikannya di sore hari agar si kucing tidak kedinginan. Kalian juga bisa mengeringkan bulunya menggunakan hairdryer.

8. Berikan Tempe Rebus

Selain protein hewani, kucing kampung juga membutuhkan asupan protein nabati, protein ini juga bergizi dan sangat baik untuk metabolisme tubuhnya. Berikanlah tempe rebus atau yang digoreng, kalian bisa campurkan dan aduk dengan makanan utamanya. selain itu manfaat tempe ini juga bagus untuk meredakan diare pada kucing.

9. Tempat Tidur yang Nyaman

Salah satu yang menunjang kesehatan kucing kampung adalah istirahat yang cukup, berikanlah tempat tidur yang nyaman, setidaknya bersih dan empuk sehingga ia akan merasa betah di rumah dan tidak sering kelayapan keluar rumah. dengan istirahat yang cukup maka nutrisi makanan akan terserap dengan sempurna oleh kucing sehingga ia akan menjadi gemuk.

10. Minuman yang Berkualitas

Kucing biasanya akan minum air dengan sembarangan apabila dia melihat air di dekatnya, oleh karena itu sebaiknya kalian menyingkirkan air apa saja yang sekiranya bisa dijangkau oleh kucing, karena bisa jadi air itu kotor sehingga kucing kampung kalian dengan mudahnya meminumnya. Sediakanlah selalu air bersih dan matang di wadah khusus minum kucing. Air yang sehat akan membuat penyerapan nutrisi berjalan maksimal, sehingga bisa diharapkan tubuh kucing kalian juga akan menjadi gemuk dan sehat.

11. Vitamin Alami

Kucing juga memerlukan asupan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya dalam melawan berbagai penyakit, selain itu vitamin juga berguna untuk memaksimalkan pembentukan daging di tubuhnya. Kalian bisa memberikan madu, vitamin E dan minyak ikan secara berkala,  vitamin vitamin tersebut bisa kalian campurkan pada makanannya.

12. Hindari Terlalu Banyak Bermain

Kucing merupakan hewan yang suka bepergian, bermain dan kadang bertengkar dengan kucing lain, ia mempunyai naluri mempertahankan daerahnya dari kucing asing sehingga perkelahian pun sering terjadi, hal itu tentu bisa membuat energinya terkuras dan terbuang sia sia. Untuk meminimalisir kemungkinan banyaknya energi yang terkuras dari perkelahian dan bermain, buatlah mereka betah bermain di rumah saja. Berikan mereka tempat tidur yang nyaman dan makanan yang selalu on time.

13. Secara Berkala Beri Makanan Khusus Kucing

Sesekali kalian berikan makanan khusus kucing untuk kucing kampungmu, walaupun makanan yang di jual di toko keperluan hewan umumnya hanya diberikan untuk kucing ras dan jenis tertentu, tidak ada salahnya kalian juga memberikannya untuk kucing kampungmu. Hal tersebut bertujuan agar si kucing memiliki variasi makanan yang akan membuatnya senang dan bersemangat. Akan tetapi kalian tidak perlu memberikannya secara berlebihan misalnya dalam seporsi makanan penuh.

Berikanlah makanan khusus kucing tersebut dengan mengaduknya bersama nasi dan ikan pindang yang telah dikukus, pasti ia akan senang dan bersemangat untuk makan, cara itu terbukti sangat ampuh membuat gemuk kucing kampung kalian. Berikanlah campuran makanan tersebut setidaknya sekali dalam seminggu pasti kucing kalian akan menjadi gemuk namun tetap hemat di kantong.

Baiklah mari kita terapkan cara tersebut kepada kucing kampung kita supaya mereka gemuk dan sehat dan tentunya tidak kalah menawan dengan kucing ras yang mahal mahal itu, Demikianlah artikel ini semoga bertambah wawasan yang bermanfaat bagi kalian dalam merawat kucing kampung di rumah. Terima kasih, semoga sukses, salam hangat dari penulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel